Kamis, 25 April 2019 |
Indonesia English

-8

HARI LAGI MENUJU
PEMILU 2019
PEMILIHAN UMUM SERENTAK 17 APRIL 2019

AGENDA


Berita

Pendaftar PTPS di Banten Baru 50 Persen

Jumat, 15 Februari 2019 | 17:37:42 WIB wib Dibaca: 114 Pengunjung
Pendaftaran Petugas Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) se-Banten masih berada dibawah angka kebutuhan atau setengah dari jumlah yg dibutuhkan yaitu hanya 17.271 pendaftar. Data ini diambil dari sejak dibuka pendaftaran hari keempat (11-14 Februari). Angka tersebut jika diprosentase baru sekitar 51.6% dari total kebutuhan PTPS untuk se-wilayah Banten yang berjumlah 33.420” demikian diungkapkan Anggota Bawaslu Provinsi Banten Koordinator Divisi SDM M. Nasehudin.
 
Naseh (sapaan akrab Nasehudin) mengungkapkan bahwa pendaftar petugas PTPS tersebut tersebar di 8 kab/kota se-Banten, yaitu: Kota Cilegon sebesar 56.75%, Kota Tangerang 64.89%, Kota Tangerang Selatan 26.60%, Kota Serang 42.34, Kabupaten Serang 46.22%, Kabupaten Tangerang 65.20%, Kabupaten Lebak 51.43%, dan Kabupaten Pandeglang 37.46%.
 
Seperti diketahui pendaftaran PTPS dibuka sejak 11 Februari 2019 hingga 21 Februari 2019 dimana secara teknis perekrutan petugas PTPS ini dilakukan oleh Panitia Pengawas Pemilu di tingkat Kecamatan (Panwascam) dan dibantu Panwas Kelurahan dan Desa, ”ini baru empat hari dari sejak dibuka pendaftaran. Jadi masih ada waktu sekitar seminggu lagi untuk mencapai target.
Oleh karenanya, Bawaslu Banten memanggil masyarakat yang memenuhi syarat untuk menjadi bagian dari penyelenggara pengawas Pemilu di tingkat TPS, untuk segera mendaftarkan diri ke Panitia Pengawas Kecamatan atau bisa juga melalui Pengawas Desa setempat.
Berbeda dengan pendaftaran calon Anggota Bawaslu Provinsi atau Bawaslu Kabupaten/Kota, dalam ketentuan UU 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum pendaftaran calon anggota Panwascam, Pengawas kelurahan/Desa dan petugas PTPS tidak ada ketentuan syarat domisili, “iya dalam ketentuan UU untuk petugas PTPS kalau tidak ditemukan di desa setempat bisa dari TPS, Desa atau Kecamatan tetangganya. Tapi memang diutamakan adalah orang yang berdomisili di wilayah TPS, agar faham tentang kondisi wilayah, tahu dengan data-data pemilih di TPS setempat dan tentunya dapat mencegah pelanggaran pemilu” lanjut Naseh.
Sebagai informasi bahwa syarat yang ditentukan untuk menjadi petugas PTPS diantaranya adalah berintegritas, bukan anggota Parpol, dan tidak berafiliasi kepada Peserta Pemilu. Untuk informasi lebih jelas, formulir serta berkas pendukung bisa diperoleh di Panwascam dan atau Pengawas Desa, atau bisa diunduh diberita pengumuman yang tayang diwebsite www.banten.bawaslu.go.id
 

LAINNYA

Top