Jumat, 16 November 2018 |
Indonesia English

Dr. H. DIDIH M. SUDI, M.Sc.

Dr. H. DIDIH M. SUDI, M.Sc.

DIDIH M. SUDI yang lahir di Lebak pada tanggal 6 Juli 1972 ini besar di lingkungan Pondok Pesantren Al-Marjan Mulabaru, sebuah pesantren yang diasuh oleh ayahandanya sendiri yakni KH Tajuddin Azwari, Lebak, Banten. Pendidikan SD dan SMP diselesaikan di Cipanas. Selepas SMP, didih masuk SMAN 1 Rangkasbitung sambil mondok di Pesantren Al-Hidayah, Lebakpicung, kemudian menempuh pendidikan S1 di Institut Pertanian Bogor dan mondok di Pesantren Mahasiswa Al-Ihya. Pendidikan S-2 diselesaikan di Islamic University of Technology (IUT), sebuah perguruan tinggi milik Organisasi Konferensi Islam (OKI), Dhaka. Setelah lulus Didih kembali ke Indonesia dan menempuh program Doktor (S3) di UIN Syarief Hidayatullah, Ciputat.

Sebelum menjabat ketua Bawaslu Provinsi Banten Periode 2017-2022, beberapa pengalaman pekerjaannya adalah dosen di beberapa perguruan tinggi di Banten sebelum akhinya menjadi Ketua Komisi Transparansi dan Partisipasi (KTP) Kabupaten Lebak. Dalam bidang Pemilu menjadi anggota KPU Provinsi Banten dua periode yaitu periode 2008 – 2013 dan 2013 – 2018. Ketika menjadi anggota KPU inilah dia berkesempatan mengikuti Pendidikan tentang Kepemiluan di New Delhi India yang bertemakan “Election Management: Role of Technology” selama 10 hari yaitu 20-29 September 2016.

Beberapa penghargaan secara kolektif yang pernah diperoleh Didih dalam bidang kepemiluan yaitu sewaktu dirinya menjabat sebagai komisioner KPU memperoleh penghargaan juara 1 situs Pemilu Akses 2017, serta memperoleh predikat “sangat patuh” dalam kepatuhan pengelolaan pelayanan informasi publik di Lingkungan Komisi Pemilihan Umum, pada April 2017.

Top