-521

HARI LAGI
MENUJU PEMILIHAN

GUBERNUR & WAKIL GUBERNUR

PROVINSI BANTEN
2017 - 2022

AGENDA

Berita - Informasi

RAPAT KERJA TEKNIS PENANGANAN PELANGGARAN PILKADA SERENTAK TAHUN 2018 DAN PEMILU TAHUN 2019

Jumat, 17 November 2017 05:48:18 wib Dibaca: 857 Pengunjung
Rapat Kerja teknis Penanganan Pelanggaran

 

 

Foto Bersama - Seluruh Peserta berfoto bersama dengan seluruh Komisioner Bawaslu Provinsi Banten seusai pelaksanaan Rapat Kerja Teknis Penanganan Pelanggaran Pada Pilkada Serentak Tahun 2018 dan Pemilu Tahun 2019 di Hotel Le Dian Kota Serang, Kamis hingga Jum'at (16-17/11).

 

Rapat Kerja Teknis Penanganan Pelanggaran digelar oleh Bawaslu Provinsi Banten di Hotel Le Dian Kota Serang, Kamis (16/11). Dalam rapat tersebut Bawaslu mengundang seluruh Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Kota se Provinsi Banten beserta dengan 1 orang staf penanganan pelanggaran. Acara dibuka langsung oleh Ketua Bawaslu Provinsi Banten Didih M. Sudi, setelah sebelumnya disampaikan arah oleh Anggota Bawaslu Provinsi Banten Koordinator Divisi Organisasi dan SDM, Ali Faisal.

Dalam sambutannya Didih menyampaikan beberapa hal terkait dengan isu-isu penting yang terjadi dalam penanganan pelanggaran, berbagai hal kemungkinan sangat bisa terjadi mengingat laporan yang disampaikan kepada Bawaslu juga beragam bukan hanya peserta Pemilu namun juga bisa saja terkait dengan penyelenggara termasuk internal pengawasan, “Persiapkan semuanya dengan sebaik-baiknya, baik dari segi pemahaman aturan dan teknis lainnya” ujarnya pada saat membuka. Selain itu Didih juga meminta kepada seluruh Panwaslu Kabupaten Kota, terutama yang melaksanakan Pilkada untuk segera membentuk sentra pelayanan hukum terpadu (Gakumdu), “Segera lakukan koordinasi kembali, dan terus sampaikan dan mintakan bantuan personil. Jika sudah ada segera buatkan SK nya” lanjut Didih.

Sementara Anggota Bawaslu Provinsi Banten Koordinator Divisi Organisasi dan SDM  Ali Faisal meminta agar Panwaslu bekerja secara maksimal, tetap lakukan koordinasi dengan Bawaslu, “Bekerjalah dengan penuh totalitas, lakukan semuanya sebagai ibadah yang ikhlas” katanya pada saat menyampaikan arahan.

Anggota Bawaslu Provinsi Banten lainnya yaitu Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Nuryati Solapari meminta agar Panwaslu dapat meningkatkan kapasitas diri baik dari segi pengawasan, sdm dan penanganan pelanggaran, menurutnya ada beberapa hal yang mesti diperhatikan yaitu pemahaman akan aturan yang berlaku agar ketika ada laporan atau temuan bagian penanganan pelanggaran sudah siap, “Kami dipengawasan adalah garda terdepan Bawaslu, namun ketika ada temuan kami akan melimpahkannya ke Bagian Penanganan Pelanggaran untuk ditindak lanjuti” ujarnya, “untuk itu perkuat kapasitas diri, baik mengenai teknis dan aturannya” lanjut Nuryati.

Hadir dalam kesempatan tersebut Tim Asistensi Bawaslu Provinsi Banten Divisi Hukum, Humas dan Hubungan Antar Lembaga Bahtiar Rifa’I, Kasubag Hukum, Humas, dan Hubungan Antar Lembaga Windu Iwan Nugraha beserta dengan seluruh staf.

Kegiatan difasilitasi oleh Tim Sistensi dan Staf Bagian Hukum, Humas dan Hubungan Antar Lembaga, dengan penguatan materi oleh Ketua Bawaslu Provinsi Banten yang juga Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran serta komisioner lainnya.

Acara berlangsung selama 2 (dua) hari yaitu Kamis hingga Jum’at (16-17/11) dimana dalam kesempatan tersebut seluruh peserta diberikan penguatan materi teknis penanganan pelanggaran, ulasan mengenai tertib administrasi dalam penanganan pelanggaran, serta kesiapan personil dan Sentra Gakkumdu.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Top